Lionel Messi - Bagian 3 -->

Lionel Messi - Bagian 3

Moh Ridlwan

Musim terbaik karier Lionel Messi

Untuk kedua kalinya dalam tiga tahun di bawah Guardiola, Barcelona mengalahkan Manchester United di final Liga Champions. Sepuluh menit memasuki babak kedua, Messi melompat ke ruang angkasa dan memberi timnya keunggulan. 

Selebrasinya lebih liar dari biasanya, menendang mikrofon di pinggir lapangan dan memasang iklan saat berlari untuk merayakannya di depan fans Barca. Kemenangan dan performa tim pada 28 Mei 2011 memperkuat argumen bahwa tim Barca ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah ada.

Pesona untuk ketiga kalinya

Messi mendapat penghargaan Ballon d'Or ketiganya pada 2011. Perolehan suara Messi hampir 50% suara keseluruhan. (Musuhnya, Cristiano Ronaldo, berada di urutan kedua tahun itu dengan 21% dan rekan setim Messi, Xavi, berada di urutan ketiga.)

5 goal Liga Champions

Rekor Messi di luar nalar kita karena terlu banyak rekor yang didapat, tetapi pada 7 Maret 2012, Messi menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol Liga Champions dalam satu pertandingan saat Barcelona mengalahkan tim Jerman Bayer Leverkusen 7-1. 

Namun keberhasilan rekor tersebut tidak semua orang terkesan termasuk legenda Brasil, Pele menyindir "ketika Messi mencetak 1.283 gol seperti saya, ketika dia memenangkan tiga Piala Dunia, kita akan membicarakannya."

Pencetakan gol Messi dipercepat sedemikian rupa sehingga mampu menyalip Cesar Rodriguez - yang rekor 232 golnya telah berdiri sejak 1950-an - sebagai pencetak gol terbanyak Barcelona pada 21 Maret 2012. Tidak buruk untuk pemain berusia 24 tahun.

Selain itu, Messi mencetak 50 gol di La Liga (38 pertandingan) yang belum pernah terjadi sebelumnya musim itu. (Hanya 12 pemain yang pernah mencetak lebih dari 50 gol dalam satu musim, meskipun Messi melakukannya tahun itu di La Liga saja, namin secara keseluruh telah mencetak 73 gol di semua kompetisi.) Kata Guardiola, "Kami menyaksikan pemain terbaik dalam segala hal."

2012 adalah tahun sejarah

Messi mengakhiri tahun kalender dengan 91 goal dengan rincian sebagai berikut. Messi mencetak 79 gol untuk Barca. Yakni 59 gol di La Liga, 13 gol di Liga Champions, 5 gol di Copa del Rey dan 2 gol di Supercopa Spanyol. dan 12 gol untuk Timnas Argentina. Ini adalah satu-satunya rekor gol terbanyak dalam satu tahun kalender.

Bersambung...